Mencairkan Uang Dari Youtube Ke Jenius

By Nico Wijaya - August 22, 2019




















Oke, pertanyaan sederhana, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencairkan uang dari Youtube ke rekening Jenius?
Pertanyaan ini beberapa bulan yang lalu sempat gw tanyakan ke teman-teman pengguna Jenius. Tapi gw belum mendapatkan jawabannya. Hingga akhirnya bulan ini, ketika akun Youtube gw yang tidak seberapa itu, sudah mencapai ambang minimal dari pencairan Google Adsense. Baru kemudian gw mendapatkan jawabannya.

Akhir tahun 2018 kemarin, akun Youtube pribadi gw baru aktif tergabung dalam Youtube Partner Program (YPP). Ketika akun Youtube sudah tergabung dalam YPP, maka user tersebut bisa mendapatkan fitur-fitur yang tidak didapatkan pada user biasa, salah satunya adalah fitur Monetization. Bahasa lainnya, dapat uang dari iklan YouTube.

Persyaratan untuk bisa tergabung dalam YPP adalah akun YouTube memiliki video yang sudah ditonton publik lebih dari 4000 jam dalam rentang durasi 12 bulan dan memiliki 1000 subscriber. Jadi tahu kan kenapa selalu ada kalimat "Jangan lupa klik subscribe di tombol ini" (sambil ada icon tangan menunjuk tombol Subscribe).

Ketika sudah memiliki persyaratan tadi, barulah akun Youtube dihubungkan ke akun Google Adsense. Klik di sini kalau mau membuat Google Adsense. Setelah menghubungkan dan mengatur tentang pembayaran, nanti Youtube akan mengirimkan kode unik ke alamat rumah yang harus diisikan di Google Adsense untuk membuktikan bahwa akun Youtube tadi memang benar milik kita pribadi. Bagian ini yang gw nilai cukup merepotkan, karena harus menunggu hampir sebulan hingga surat berisi kode tersebut sampai di rumah.

Ketika Youtube sudah terhubung dengan Google Adsense dan sudah memenuhi ambang batas sejumlah $100, Google akan secara otomatis mengirimkan uang tersebut ke rekening yang telah didaftarkan pada tanggal 20 dan 21 di setiap bulannya. 

Dari pengalaman gw, waktu yang dibutuhkan untuk proses transfer dari Google Adsense ke rekening Jenius, membutuhkan waktu selama 12 jam. Ini terhitung dari email pemberitahuan pembayaran dari Google hingga masuk ke rekening Jenius. Uang yang diterima sesuai dengan yang tertera di dashboard Google Adsense dan tanpa potongan. 

Itu tadi proses mencairkan uang dari Youtube. Kalau ada yang punya akun di Shutterstock dan ingin mencairkan uangnya dari Shutterstock, bisa menggunakan pencairan via PayPal dan ditransfer ke rekening Jenius. Proses pengiriman ini juga membutuhkan waktu yang sama, sekitar 12 jam dari proses pengiriman. 

Info detail mengenai Youtube Partner Program bisa diklik di sini.

Untuk membuat akun atau informasi detail tentang Jenius bisa klik di sini.

Subscribe Youtube Gw di sini.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments