Foto Produk Ala Studio Rumahan #BikinJadiBagus

By Nico Wijaya - October 02, 2020



Hai kalian yang membaca blog ini, terima kasih sudah mampir. Gw berharap kalian dan sekeluarga dalam keadaan sehat-sehat dan kita semua bisa melalui pandemi covid-19 ini dengan selamat. 

Hampir 10 bulan gw tidak mengupdate blog ini. Bukan berarti diam saja tidak melakukan apa-apa. Alhamdulillah, pekerjaan kantor masih cukup sibuk meskipun pandemi. Beberapa project di luar kantor juga masih ada. Tapi terlepas dari itu semua, pandemi covid-19 bukan menjadi alasan untuk kita tidak berkarya akan sesuatu.

Di postingan kali ini, gw akan 'mencuci otak' kalian khususnya para pengusaha online shop atau pengusaha makanan rumahan yang sedang berjuang di pandemi ini. Skill yang bisa menunjang bisnis anda. 

Ya, foto untuk promosi produk anda!


Hal pertama jika kita ingin membeli sesuatu produk, melihat barangnya. Melihat barangnya bisa dengan secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung kalian bisa COD atau memasarkannya direct selling. Secara tak langsung kalian bisa menggunakan marketplace atau instagram. Dan di masa pandemi ini, di mana kita sebaiknya di rumah saja, pilihan terbaik di masa saat ini adalah melihat barang yang ingin kita beli secara online. Yup, baik dengan melihat foto atau videonya di Instagram, Facebook atau Youtube. 

Dalam teknik pemasaran, promo harus dibuat secantik dan sebagus mungkin tanpa melupakan fungsional dari produk atau hal yang dipasarkan. Oleh karena itu, jika kalian adalah pemilik usaha, kalian harus mempertimbangkan ‘look’ dari materi promo produk. 

Secara umum, kalian akan memilih produk yang dipajang di etalase yang menarik, cantik, bersih dan rapi. Dan secara tidak langsung, ‘nilai’ dari produk tersebut bertambah ‘mahal’. Ini berbeda dengan produk yang ditampilkan secara biasa dan asal-asalan. Meskipun rejeki itu sudah diatur, tetapi kita harus menampilkan yang terbaik dari produk/jasa yang kita jual.

Contohnya, gw ada 3 botol parfume yang gw dapatkan cashback dari detikcom (klik ini). Gw ingin menunjukkan bahwa dengan alat yang terbatas seperti handphone dan mini studio, kalian bisa membuat foto yang menarik dan bagus untuk dipasarkan.

Meskipun jauh dari sempurna dari foto di studio dan tanpa digital imaging artist, foto yang gw share ini lebih menarik daripada hanya sekadar foto botol parfum biasa. 

Kamu bisa menyiapkan sendiri di rumah. Yang dibutuhkan hanyalah : 

  1. Properti alas warna warni biar eye catchy,
  2. Karton putih untuk alas atau bouncing cahaya matahari, 
  3. Lampu LED untuk lighting. Bisa beli yang murah di tokopedia atau Shopee,
  4. Software paling sakti dan gratis, Snapseed, 
  5. Handphone kesayangan yang takut dilihat oleh pasanganmu. *becanda sayang*


Foto di atas gw ambil dengan menggunakan Redmi Note 8 Pro. 
Hal yang perlu diingat, apapun handphonenya, kalian tetap bisa membuat foto bagus asalkan pencahayaan cukup terang. Bisa foto di luar rumah dengan menggunakan cahaya matahari. 

Saran dari gw, coba untuk berani bereksperimen memotret. Daripada rebahan sepanjang hari memikirkan dia yang tidak memikirkamu dan ga tau mau ngapain lagi di rumah, kenapa tidak untuk membuat foto produkmu menjadi lebih bagus.

Yuk ah dapat cuan banyak!


*Bonus video ala ala tiktok













  • Share:

You Might Also Like

0 comments